Jamaah masjid/foto: vox.com
Jamaah masjid/foto: vox.com

Bulan Ramadan selain sebagai bulan penuh ampunan, tentunya juga menjadi bulan yang penuh nostalgia, karena banyak kenangan masa kecil yang tak begitu saja mudah dilupakan. Kegiatan-kegiatan di sekolah saat Ramadan, momen berburu takjil, hingga membantu ibu menyiapkan menu berbuka puasa di rumah, menjadi beberapa momen yang selalu dinanti setiap bulan penuh berkah ini tiba.

Tak lengkap rasanya masa kecil, kalau tak menghabiskan hari-hari di bulan Ramadan dengan aktivitas bersama teman-teman di rumah, setuju? Nah, untuk sebentar bernostalgia, berikut ini adalah kelakuan-kelakuan masa kecil saat Ramadan yang tiap keseruannya pasti susah kamu lupain, yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/6).

1. Keliling kampung bangunin sahur.

foto: masgazphoto.blogspot.com

Selain momen berbuka, hal yang paling dirindukan saat Ramadan adalah momen sahur. Dan yang lebih mengasyikkan adalah saat kamu keliling kampung bersama teman-teman sebayamu untuk membangunkan sahur warga kampung rumahmu. Berbekal sarung yang dikalungkan dipundak, serta kentongan, keseruan membangunkan orang untuk sahur menjadi tak terlupakan.

2. Jalan-jalan habis sahur sambil main petasan. 

foto: marjaini-belajar.blogspot.com

Ini juga momen yang tak kalah seru. Yakni setelah sahur, dan menunggu azan Subuh, kamu dan temanmu sering membunyikan petasan, dan juga terkadang menyalakan kembang api. Ya nggak?

3. Ngisi buku Ramadan.

foto: abiummi.com

Ingat nggak pas zaman kamu masih duduk di bangku SD dan SMP, setiap bulan Ramadan tiba, pihak sekolah akan membagikan buku panduan kegiatan Ramadan yang wajib kamu isi. Nah, gara-gara buku itu tuh, kamu jadi rajin ibadahnya pas Ramadan. Hayo ngaku?

4. Pesantren kilat. 

foto: sdkemurangwetan01.wordpress.com

Salah satu momen yang juga ditunggu saat Ramadan adalah pesantren kilat. Biasanya pesantren kilat ini diadakan sekitar satu minggu hingga dua minggu full di sekolah.

5. Pura-pura lupa puasa biar bisa minum atau makan. 

foto: thesun.co.uk

Ini nih biasanya dilakukan kamu yang jahil bin usil. Suka pura-pura lupa puasa biar bisa minum atau makan, tapi begitu ada teman yang melihat lalu mengingatkan, kamu jadi sebel sendiri.

6. Pura-pura puasa karena malu sama teman. 

foto: thesun.co.uk

Pas kecil, beberapa dari kamu pasti pernah ngalamin hal ini. Awalnya kamu nggak niat puasa, dan makan ini-itu di rumah, tapi begitu kamu ketemu sama teman-temanmu pas main bersama, kamu ngakunya ke mereka kalau kamu puasa. Siapa yang begini angkat tangan?

7. Sering mandi dan main air biar nggak haus. 

foto: adhi90.blogspot.com

Yah, namanya juga anak kecil ya, ada aja tingkah kocaknya. Salah satunya ini nih yang mungkin kamu pernah alamin dulu pas masih kecil juga. Karena puasa berarti menahan haus dan lapar, dan otomatis nggak boleh makan atau minum, kamu lantas melakukan banyak cara biar badan tetap segar dan dingin, seperti mandi berkali-kali atau main air terus-terusan.

8. Puasa setengah hari.

foto: vemale.com

Beberapa dari kamu pasti pernah ngalamin yang namanya belajar puasa, alias nggak langsung bisa puasa sehari penuh. Biasanya akan dimuali puasa setengah hari dulu sampai bedug zuhur, ya nggak?

9. Semangat salat tarawih karena mau main. 

foto: merdeka.com

Selain saat sahur dan menuju berbuka puasa, momen yang seru karena bisa ketemu teman buat main adalah saat tarawih di masjid. Biasanya kamu paling semangat karena bakal bisa seru-seruan sama teman-temanmu.

10. Berburu takjil. 

foto: merdeka.com

Biasanya berburu takjil ini sekalian jalan-jalan ngabuburit sebelum waktu berbuka puasa tiba, nih. Kamu dulu biasanya berburu takjil di mana, guys?

11. Nungguin ibu masak sambil nyicipin. 

foto: merdeka.com

Alih-alih bantuin ibu masak, kamu yang dulu masih SD pasti bisanya ngerecokin dan nyicipin ibu masak menu buat berbukan puasa, iya kan?

12. Tadarus tapi juga sambil main.

foto: mujahidah213.blogspot.com

Biasanya, setelah tarawih dilanjut tadarusan sama Pak Ustaz di masjid ya, guys. Ini juga momen yang kamu tunggu-tunggu pas zaman kecil dulu. Soalnya, bisa ketemu sama teman-teman. Ya, nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *