Masih bingung buat planning liburan? Atau pengen backpacker-an ke luar negeri tapi budget pas-pasan? Jangan dulu khawatir nggak bisa kemana-mana dengan budget yang terbatas, masih banyak tempat-tempat wisata seru di Thailand yang bisa kamu kunjungi. Tiket masuk yang murah dan sarana transportasi yang juga terbilang sangat mudah dan terjangkau, akan membuat liburanmu di Thailand makin seru kalau berkunjung ke destinasi wisata berikut ini. Nah, inilah tempat–tempat destinasi wisata di Thailand yang wajib kamu kunjungi dengan budget minim tentunya! Yuk simak 5 destinasinya dan dijamin bakalan worth it banget!

1. Grand Palace

Grand Palace yang terletak di Bangkok, Thailand merupakan salah satu landmark dari negara Thailand. Didirikan pada tahun 1782 dengan seluas 218.000 meter persegi yang bertujuan sebagai tempat tinggal, ruang takhta kerajaan, kantor pemerintah dan yang terkenal adalah sebagai ‘Temple of the Emerald Buddha’. Untuk melakukan perjalanan ke sana, kamu bisa menggunakan BTS/Skytrain yang dilanjutkan menggunakan bus. Dari BTS Siam, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus nomor 47 atau 15 dan ini free alias gratis, kemudian turun di Khaosan road.

Tidak hanya itu, ada beberapa nomor bus menuju ke sana, lebih lanjut kamu bisa buka google maps. Buat kamu yangstay di Khaosan road untuk menuju ke sana tinggal jalan kaki aja sekitar 15 – 20 menit. Sebelum memasuki area wisata, barang – barang yang kamu bawa bakal diperiksa dan bagi foreigners harus menunjukkan passport. Setelah itu, jalan kaki sekitar 10 menit dan sampai deh di Grand Palace.

Bagian Luar
Bagian Dalam

Sebelum kamu memasuki kompleks Grand Palace, kamu harus membayar tiket seharga 500 Baht atau sekitar Rp 200.000 dan gratis tiket masuk bagi orang Thailand. Walau tiket masuknya cukup mahal, kamu bakal puas menikmati dan berfoto dengan keindahan 36 candi di dalamnya. Salah satu candi yang terkenal adalah Phra Maha Montian.

2. Wat Pho

Terletak berdekatan dengan Grand Palace, jadi kamu bisa langsung menuju ke Wat Pho setelah puas menikmati candi di Grand Palace. Yang menarik dari Wat Pho adalah adanya patung Buddha sedang berbaring (Reclining Buddha). Patung ini dilapisi emas sepanjang 46 m, mata serta kakinya dihiasi kerang mutiara dan di sekitarnya terdapat mangkuk yang dipercaya jika menjatuhkan koin ke mangkuk–mangkuk tersebut akan membawa keberuntungan.

Sebelum memasuki area ini, kamu harus membeli tiket seharga 100 Baht atau sekitar Rp 40.000 dan gratis tiket masuk bagi orang Thailand. Di Wat Pho ada sekitar 18 tempat yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu Wat Pho Attractions, Important Buddha Images, dan Education and Relaxation. Wat Pho dikenal juga sebagai tempat pusat pembelajaran dan lahirnya pijat tradisional Thailand.

3. Wat Arun

Untuk melajutkan perjalanan ke Wat Arun, kamu harus menyeberangi sungai Chao Praya menggunakan boat seharga 4 Baht atau sekitar Rp 1.600 selama kurang lebih 10 menit karena letaknya di tepi sungai Chao Praya. Wat Arun juga dikenal sebagai ‘Temple of the Breaking Dawn’ atau Kuil Fajar Merekah. Uniknya, candi–candi di Wat Arun kebanyakan berwarna seperti porselen dan keramik serta taman– taman di sekitarnya. Saat hari menjelang sore, keindahan candi semakin terasa karena kita bisa menikmati sunset dan semilir angin di tepi sungai Chao Praya.

4. Jomtien Beach

Jomtien Beach terletak di Pattaya, Thailand. Perjalanan dari Bangkok ke Pattaya memakan waktu sekitar 2 jam menggunakan mobil seharga 150 baht atau sekitar Rp 60.000. Kemudian dilanjutkan 2 kali naik tuk–tuk (kendaraan seperti bajaj) seharga 10 baht atau sekitar Rp 4.000/tuktuk. Pantai ini sangat cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga. Di sekitar pantai terdapat kursi pantai dan payung besar yang dapat dipesan sebagai tempat untuk berjemur di bawah sinar matahari atau hanya sekedar menikmati keindahan pantai.

Di sana terdapat banyak kios–kios dan penjual aneka makanan dan minuman, sehingga kamu tidak perlu pergi jauh–jauh lagi jika ingin beli makan atau minum. Lapangan untuk voli pantai juga tersedia, sehingga pengunjung bisa bermain voli atau berolahraga di lapangan tersebut. Dari jauh juga terlihat gedung–gedung pencakar langit menghiasi pemandangan pantai.

5. Kohlarn Island

Pelabuhan Bali Hai Pier

Untuk menuju Kohlarn, kamu harus menyebrang menggunakan kapal di Bali Hai Pier. Dari Jomtien Beach, kamu bisa menggunakan tuk–tuk ke Bali Hai Pier seharga 50 Baht atau sekitar Rp 20.000. Kemudian, membeli tiket penyebrangan dengan biaya 30 Baht atau sekitar Rp 12.000 untuk sekali jalan dan pastikan menyebrang sesuai jadwal kapal. Kurang lebih setengah jam perjalanan, kamu akan tiba di Kohlarn Island. Sesampainya di sana, kamu tinggal pilih ingin mengunjungi pantai yang mana. Kamu akan diantar menggunakan tuk–tuk dan harganya sesuai pantai mana yang ingin kamu kunjungi.

Peta Kohlarn Beach

Pantai–pantai di sana memiliki air berwarna biru kehijauan dan berpasir putih. Di tepian pantai juga terdapat kursi pantai dan payung besar serta taman–taman. Pohon–pohon dan rerumputan hijau menambah suasana tenang dan syahdu di sekitar pantai. Banana boat, speed boat, paralayang membuat pengunjung semakin have fun berwisata. Tidak heran jika di Kohlarn Island banyak turis asing yang datang. Salah satu pantai yang terkenal adalah Tawaan Beach yang terletak di sebelah Utara Kohlarn Island.

Pemandangan Tawaan Beach dari atas bukit

Pantai Taa-Yai Beach

Pantai Taa-Yai Beach

Perjalanan liburan ke Thailand yang sangat seru dan menyenangkan. Thailand dengan segala keindahan tempat wisata dan budayanya yang indah, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Semoga list wisata di atas bisa dijadikan referensi ya, Sahabat Trivia. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *