Jokowi dan Raja Swedia meneken nota kesepahaman dari sektor transportasi hingga industri kreatif.

Setelah mengikuti serangkaian acara bilateral, Presiden Joko Widodo dan Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia menggelar konferensi pers bersama. Keduanya menyampaikan sejumlah kerja sama yang dihasilkan setelah melakukan pertemuan bilateral.

Selain kerja sama kedua negara, Jokowi dan Raja Swedia juga sempat menyampaikan sikap terkait kemerdekaan Palestina. Jokowi menyebut bahwa sikap Swedia sama seperti Indonesia soal Palestina.

“Indonesia dan Swedia memiliki banyak sekali persamaan dalam politik luar negeri, berperan aktif dalam pasukan perdamaian PBB, dan mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Jokowi di Istana Bogor, Kompleks Istana Kepresidenan, Jawa Barat, Senin (22/5).

Ditambahkan Jokowi, RI dan Swedia sudah punya kesepakatan untuk membantu Palestina sejak 2015. Kunjungan Raja Carl XVI Gustaf ini menurut Jokowi sangat bersejarah.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan yang bersejarah dan untuk pertama kalinya seorang kepala negara Swedia melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, dalam sejarah 65 tahun hubungan bilateral kita,” lanjut dia.

Hubungan ekonomi antara RI dan Swedia juga sangat beragam dan intensif. Swedia saat ini tercatat sebagai mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Nordik.

“Angka investasi Swedia meningkat lebih dari 1.400 persen di tahun 2016, dibanding tahun 2015. Jumlah turis juga meningkat 15 persen pada tahun 2016. Dan kunjungan terbesar dari negara Nordik,” ucap Jokowi.

Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia datang ke Indonesia beserta 35 delegasi bisnis asal Swedia. Bersama Raja Carl XVI Gustaf, Jokowi juga membahas upaya pengembangan kerja sama di bidang energi terbarukan melalui kerja sama yang konkret.

Presiden juga menyambut baik kerja sama lain di bidang transportasi dan industri kreatif.

“Saya menyambut baik ditandatanganinya dua dokumen kerja sama antar pemerintah di bidang bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas. Serta kerja sama di bidang transportasi, navigasi udara dan airport serta kerja sama di bidang industri kreatif,” tuturnya.

Tampak terlihat mendampingi Jokowi yaitu Terlihat hadir Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Mendiktiristek M Nasir, dan Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia Bagas Hapsoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *