Masakan Untuk Penderita ISPA, Bergizi dan Penuh Nutrisi!

Saat ini polusi udara menjadi salah satu maslah serius yang sering kita jumpai. Dampak dari adanya polusi udara ini adalah mengganggu sistem pernapasan manusia, salah satunya muncul penyakit ISPA. Para penderitanya, kemudian mencari informasi terkait pantangan dan masakan untuk penderita ISPA.

Penyebab penyakit ISPA ini adalah karena faktor tingginya polusi udara dari asap kendaraan, kebakaran hutan, maupun asap pabrik. ISPA merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan, sehingga para penderita kesusahan dalam bernapas. Oleh karenanya, untuk dapat menanggulangi permasalahan tersebut penderita harus memperhatikan anjuran dan pantangan.

Salah satunya adalah penderita wajib selalu mengenakan masker atau penutup hidung agar terhindar dari tingginya polusi udara. Selain itu, penderita ISPA juga harus mengonsumsi minuman dan makanan sehat untuk menjada daya tahan tubuh.

Jenis Masakan Untuk Penderita ISPA

Dengan asupan minuman dan makanan yang sehat, maka penderita ISPA akan menjadi lebih merasa nyaman ketika berada di ruang publik. Meskipun demikian, tetap saja penggunaan masker penting untuk mencegah polusi udara masuk ke sistem pernapasan. Hal ini akan membantu paru-paru bekerja dengan maksimal tanpa gangguan dari si polusi udara tersebut.

Agar memiliki paru-paru yang baik, penderita tentunya tidak boleh merokok atau mungkin terkena asap rokok milik orang lain. Selain itu, perlu adanya perhatian khusus terkait pola makan yang teratur dengan asupan bergizi. Berikut ini kami berikan beberapa jenis makanan untuk penderita ISPA yang pastinya sehat dan peningkat daya tahan tubuh.

Teh Hijau

Jenis minuman ini memang terkenal akan kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain rasanya yang enak, ternyata terdapat beragam kandungan untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Terdapat kandungan antioksidan yang mana mampu membuat seseorang menjadi tahan terhadap berbagai gempuran cuaca sekalipun.

Manfaat lain dari teh hijau ini adalah untuk membersihkan paru-paru dari polusi. Teh hijau akan menetralisir dan meredakan alergi dari gangguan pernapasan. Sehingga akan terasa cocok jika penderita ISPA mengonsumsi minuman kesehatan yang satu ini.

Kacang-kacangan

Makanan ini merupakan salah satu jenis yang memiliki kandungan vitamin E paling tinggi. Sejatinya, vitamin E memiliki fungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh. Oleh karenanya, kacang-kacangan sangat penting ketika menghadapi situasi seperti saat ini.

Kacang-kacangan juga sangat bermanfaat bagi para penderita ISPA yang ingin lebih lega dalam bernapas. Kandungan yang terdapat pada kacang-kacangan mampu membuat atau menyuplai oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Seledri

Adanya asap atau polusi udara menyebabkan paru-paru menerima banyak sekali kandungan karbondioksida. Jika paru-paru terkena karbondioksida yang berlebih, maka orang tersebut akan mengalami sesak napas atau gangguan pernapasan. Untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan tersebut, kamu bisa menggunakan bantuan seledri.

Umumnya, orang menggunakan seledri hanya untuk pemanis dari sebuah masakan agar menghasilkan tampilan menarik. Namun, ternyata seledri bisa mengurangi kadar karbondioksida yang terdapat pada paru-paru. Sehingga dengan demikian, seledri akan sangat cocok sebagai jenis makanan bagi penderita ISPA.

Buah Pir

Mungkin banyak orang yang belum tahu terkait manfaat dari buah Pir. Sebagian hanya mengetahui bahwa buah Pir memiliki rasa yang enak dan familiar untuk orang sakit. Ternayata buah Pir mampu memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah mengobati atau mengurangi terjadinya resiko terkena penyakit ISPA.

Buah Pir mengandung antioksidan yang tinggi dan berfungsi baik untuk mengobati penyakit paru-paru. Selain itu, dengan kandungan antioksidan daya tahan tubuh akan meningkat. Sehingga orang yang makan buah Pir, kemungkinan besar terserang penyakit atau virus tertentu sangat kecil.

Brokoli

Terdapat banyak jenis sayuran hijau yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh bagi semua orang. Sayuran hijau memang memiliki banyak vitamin, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu sayuran hijau yang punya manfaat terbaik untuk penderita ISPA adalah brokoli.

Sayuran ini sangat mudah kamu temukan baik di pasar, swalayan, atau super market terdekat. Harga dari brokoli juga terbilang cukup terjangkau, sehingga akan ramah untuk berbagai kalangan masyarakat. Sayuran ini mengandung senyawa glukosinat yang bermanfaat untuk menyembuhkan atau menghambat berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu ISPA.

Baca Juga : 5 Makanan Untuk Kesehatan Tulang & Otot yang Kaya Vitamin

Akhir Kata

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik, mulai sekarang konsumsilah minuman dan makanan bergizi. Beberapa daftar masakan untuk penderita ISPA tadi juga bermanfaat untuk kalian semua dalam menjaga daya tahan tubuh untuk tetap fit.

Tinggalkan komentar