Speaker Aktif Polytron Mati Hidup? Begini Cara Memperbaikinya

Speaker Polytron merupakan speaker aktif yang sering kita jumpai dimana saja saat ini. Tak heran produk Polytron memang dari dulu jika mengeluarkan produk speaker tidak pernah mengecewakan. Tapi pasti kalian seringkali menjumpai troubel atau masalah pada suatu speaker Polytron. Salah satunya problem yaitu Speaker Aktif Polytron Mati Hidup sendiri. Jangan khawatir karena Kepobareng akan membagikan cara untuk memperbaikinya simak terus sampai habis.

Sering kita jumpai speaker dengan kendala seperti ini, gejala yang timbul yaitu ketika menyala beberapa saat normal, tetapi beberapa menit kemudian tiba-tiba speaker mati, dan cara membenarkannya adalah di tabok. Tidak perlu risau kalian bisa membenarkannya sendiri dan tidak perlu ke tukang servis, cukup simak artikel berikut di bawah ini.

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memperbaiki Speaker Aktif Polytron

Saat Speaker Aktif Polytron Mati Hidup, pastinya kita perlu mengetahui penyebab atau hal yang perlu di lakukan pengecekan sebelum memperbaikinya. Lalu gejala yang sering di jumpai adalah ketika speaker di gunakan dengan volume yang besar pasti sesaat kemudian akan mati.

Untuk perkiraan penyebab yang umum sendiri itu bisa di sebabkan oleh timah solderan yang retak, jadi jika terkena getaran bass kadang terhubung dan kadang terputus oleh karena itu speaker akan mati hidup sendiri. Pada umumnya hal tersebut terjadi pada solderan kaki trafonya.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Mati Hidup

Berikut adalah cara memperbaiki speaker aktif Polytron yang bisa coba kalian terapkan, lakukan langkah demi langkah dan jangan lewatkan satu cara pun. Supaya cara di bawah bisa berhasil dengan maksimal, kalian bisa simak caranya sebagai berikut.

  • Pertama kalian harus membongkar speakernya terlebih dahulu
  • Kemudian pisahkan baut dan sekrup, singkirkan ke tempat yang aman supaya tidak hilang
  • Setelah itu lakukan pengecekan timah solderan satu persatu terutama di bagian regulator AC matic
  • Jika ada bagian timah solderan yang retak, terutama pada bagian kaki trafo segera solder ulang
  • Tidak hanya pada bagian yang terlihat retak tapi usahakan solder ulang pada bagian yang panas, seperti transistor final, fet, dan bagian lainnya
  • Setelah selesai, silahkan pasang lagi casing atau bagian penutup speaker seperti sedia kala
  • Jika sudah, lakukan pengecekan dan putar lagu menggunakan bass dan treeble yang besar
  • Selesai.

Kemudian jika speaker memang sudah benar dan problem nya terpecahkan, untuk waktu berikutnya kalian bisa rawat speaker tersebut dengan benar. Kalian bisa menyimak cara merawat speaker aktif Polytron di bawah ini.

Tips Merawat Speaker Aktif Polytron

Menggunakan suatu barang apalagi hal-hal yang bermesin pastinya kita harus memelihara atau merawatnya. Tidak hanya sekedar menggunakan saja, pastinya kita harus tau cara merawatnya. Karena suatu barang yang hanya di gunakan terus menerus dan tidak di rawat akan berakibat kerusakan dan ujung-ujungnya ke tukang servis lagi. Berikut Tips merawat speaker aktif Polytron.

  • Bila speaker tidak di pakai selama berhari-hari, maka di anjurkan untuk melepas kabel power dari stopcontact
  • Saat menggunakan speaker, biasakan volume musik tidak melebihi 75%. Speaker boleh mencapai volume 100% tetapi jika kami sarankan jangan sering-sering
  • Harus mengenali kemampuan dari speaker itu sendiri, jangan memaksakan apalagi sampai membuat membran loud speaker cepat rusak
  • Letakkan speaker pada tempat yang lembab dan jauh dari jangkauan anak-anak
  • Bersihkan secara rutin, karena tempat lembab dan debu bisa menyebabkan korosi pada rangkaian speaker

Baca Juga : Inilah Cara Membuat Subwoofer Yang Bisa Kalian Coba Dirumah

Akhir Kata

Sekian artikel tentang Cara memperbaiki Speaker Aktif Polytron Mati Hidup dan Tips Merawat speaker aktif. Pada umumnya speaker memang sering mengalami kendala yang wajar, jika kalian bisa merawatnya dengan benar pastinya hal tersebut akan menjadikan speaker aktif kalian menjadi lebih awet. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa membantu kalian semua.

Tinggalkan komentar