Begini 10 Cara Bisnis Online di WA

admin kepo

bisnis online di WA
bisnis online di WA

Kepobareng – Saat ini makin banyak media yang bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan sebuah bisnis online anda, salah satunya dengan memanfaatkan media WhatsApp. WhatsApp mempunyai beberapa fitur yang bisa di manfaatkan untuk bisnis online anda yaitu WhatsApp Business. Kalian bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjalankan bisnis online di WA.

WhatsApp Business memiliki fitur khusus untuk berjualan. Ada banyak sekali fitur lain yang dapat anda gunakan untuk menunjang bisnis.

Lalu apa saja sih fitur yang di miliki WhatsApp Business? Dan bagaimana ya cara ber bisnis online di WA. Yuk, simak artikel di bawah ini.

Berikut adalah Cara Bisnis online di WA

1. Buat Target Dan Rencana Bisnis Yang Jelas

Dalam bisnis online di WA hal pertama yang harus di perhatikan yaitu dengan menentukan sebuah target lalu menganalisa bisnis online yang jelas dan sedetail mungkin sehingga bisnis yang dijalankan memiliki tujuan yang realistis.

Perencanaan bisnis di buat agar sebuah bisnis dapat terarah dan juga terkontrol. Selain itu, dengan membuat perencanaan yang matang, anda akan lebih siap menghadapi kemungkinan risiko yang terjadi di masa yang akan datang.

2. Gunakan Whatsapp Business

Salah satu media sosial yang bisa anda gunakan untuk menjual produk yang anda tawarkan adalah dengan menggunakan WhatsApp Business.

WhatsApp Business di ciptakan khusus untuk mempromosikan produk yang pebisnis tawarkan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di WhatsApp Business. Fitur yang terdapat pada WhatsApp Business ini berbeda dengan WhatsApp reguler.

Anda dapat mencantumkan informasi bisnis anda seperti deskripsi bisnis yang anda tawarkan, katalog produk, dan kebutuhan lain yang akan memudahkan para konsumen untuk mengetahui produk serta layanan yang anda tawarkan.

Menggunakan WhatsApp Business memudahkan proses transaksi pun menjadi lebih efektif.

3. Mengatur Kontak Konsumen

Dalam sebuah bisnis memang di perlukan untuk menjalin komunikasi yang baik kepada para konsumen.

Karena hal ini akan menjadi sebab bahwa konsumen akan nyaman dengan pelayanan yang anda tawarkan sehingga akan menciptakan kesan kepada konsumen untuk selalu membeli produk yang anda tawarkan.

Oleh sebab itu dalam menyusun strategi ini di sarankan kepada anda untuk memisahkan kategori kontak pelanggan-pelanggan yang potensial.

Caranya yaitu memisahkan kontak-kontak yang bisa di tindaklanjuti maupun tidak, hal ini akan menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan.

Karena anda akan lebih mudah menghubungi dan melakukan penawaran produk kepada para konsumen potensial tersebut.

4. Buat Katalog Yang Menarik

WhatsApp Business menyediakan fitur WhatsApp Catalogue untuk mempromosikan bisnis anda, agar konsumen lebih paham mengenai produk yang di tawarkan dan berguna untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

Dengan katalog yang menarik, rapi dan melengkapi informasi yang lengkap tentunya akan memudahkan konsumen untuk tertarik membeli produk anda.

Di bawah ini adalah cara untuk mengunggah katalog pada WhatsApp Business:

  •  Pastikan WhatsApp Business yang kamu miliki merupakan aplikasi dengan versi terbaru. Sebab, fitur katalog hanya ada pada WhatsApp Business dengan versi yang paling baru.
  • Masuk ke menu pengaturan atau “Setting”.
  • Pilih menu “Katalog”.
  • Klik ikon (+) atau “Tambah Produk atau Layanan” untuk upload foto ke katalog.
  • Pilih foto atau video produk dari galeri ponsel.
  • Isi deskripsi pelengkap foto.
  • Pilih “Simpan” dan katalog WhatsApp Business kamu telah selesai dibuat.

5. Gunakan ChatBot Pada Whatsapp Business

ChatBot pada WhatsApp Business bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan anda dalam membalas banyaknya pesan konsumen yang masuk jika anda malas dalam membalas pesan konsumen tersebut.

Kemudian ChatBot akan bekerja mengirimkan pesan otomatis kepada para konsumen ketika konsumen menggirimkan pesan ke WhatsApp Business anda.

Penggunaan ChatBot akan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dengan tetap memenuhi kebutuhan para konsumen.

Namun, ada beberapa hal yang terkadang tidak bisa dijawab oleh ChatBot, sehingga kamu tetap harus memastikan seluruh pesan dari pelanggan yang masuk.

Baca Juga : Cara transfer DANA ke Bank BCA dengan mudah tanpa ribet

6. Lakukan Promosi Melalui Broadcast Whatsapp Business

Saatnya anda melakukan promosi kepada konsumen dengan mengirimkan broadcast berisi promosi ke pelanggan dan leads.

Broadcast di WA Bussiness bermanfaat sebagai media promosi dengan strategi yang baik untuk memastikan pelanggan mendapatkan informasi terkini dari produk yang anda tawarkan.

Dalam promosi menggunakan broadcast anda harus menyiapkan konten iklan yang menarik konsumen terkait produk atau promo yang sedang berlaku.

Tetapi dalam aturan WhatsApp Business anda tidak boleh terlalu sering untuk mengirimkan broadcast.

Karena hal tersebut akan di anggap sebagai spam dan menyebabkan akun anda dapat di blokir oleh pihak WhatsApp dan spam broadcast juga akan membuat konsumen akan merasa terganggu.

7. Lakukan Promosi melalui Story WhatsApp Business

Selain menggunakan broadcast, anda dapat manfaatkan Story WhatsApp untuk melakukan promosi. Anda hanya perlu memposting apa yang akan anda promosikan di WhatsApp Story.

Buatlah konten berupa foto maupun video semenarik mungkin dan jangan lupa memberi caption pada story yang anda buat lalu tunggu lah pelanggan yang menghubungi anda terlebih dahulu.

Ada baiknya story WA nggak cuma berisi konten jualan melulu. Kamu juga bisa menambahkan konten informatif yang masih ada hubungannya dengan produk.

Misalnya, kamu berjualan pakaian thrift, maka anda dapat membuat konten mengenai ide fashion yang menarik.

8. Cantumkan Call to Action

Pastikan setiap melakukan promosi anda menyisipkan kata-kata call to action pada konten promosi sebelum mengirimkan broadcast WhatsApp kepada konsumen anda.

Agar calon pembeli makin “tergerak” untuk melakukan transaksi. Call to action merupakan kata ajakan singkat dan mudah di mengerti yang di kirimkan kepada konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Contoh yang paling banyak digunakan adalah “Beli Sekarang!” atau “Promo Terbatas, Jangan Sampai Ketinggalan!”.

9. Gunakan Metode Pembayaran Yang Mudah Dan Aman

Setelah anda melakukan serangkaian target serta promosi bisnis anda, anda harus menyediakan metode pembayaran yang aman dan mudah untuk dilakukan.

Kenapa harus mudah? karena agar pelanggan yang telah melakukan proses pemesanan tidak membatalkan pesanan mereka karena kesulitan untuk melakukan proses pembayaran.

Kelebihan Dalam Bisnis Online Di WA

Sebelumnya WhatsApp terkenal sebagai aplikasi untuk bertukar pesan saja, tetapi sekarang ini WhatsApp sudah bisa di gunakan untuk berbisnis online.

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah WhatsApp Business. Ada banyak sekali kelebihan yang di dapatkan jika ber bisnis online di WA, yaitu sebagai berikut:

  • WhatsApp mudah di gunakan karena memiliki tampilan yang sederhana yang mudah di pahami oleh semua kalangan.
  • Menjangkau pelanggan dengan efisien.
  • Menjalin hubungan lebih dekat kepada konsumen.
  • Memiliki fitur pesan otomatis yang memudahkan para pebisnis untuk membalas cepat pesan yang di kirimkan konsumen.
  • Dapat meningkatkan Brand Awareness karena pebisnis dapat menampilkan detail bisnis yang kamu jalankan lebih professional.
  • Layanan berbagi lokasi atau yang biasa di sebut dengan sharelok memudahkan kurir ataupun konsumen mengambil pesanan.
  • Menyediakan layanan konsultasi selama 24 jam.
  • Mudah dalam melakukan promosi bisnis anda

Akhir Kata

Itulah cara mudah untuk ber bisnis online di WA, anda perlu memperhatikan setiap detailnya dan jangan lupa untuk menyediakan metode pembayaran yang mudah karena ini juga penting.

Lalu banyak sekali kelebihan yang akan anda dapatkan jika anda berbisnis online menggunakan WA. Jadi jangan ragu untuk menggunakan fitur yang sudah di sediakan WhatsApp, lakukan dengan konsisten agar anda dapat berbisnis dengan laris dan sukses.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar