Begini Cara Bisnis Online di Instagram

admin kepo

Cara Bisnis Online di Instagram
Cara Bisnis Online di Instagram

Cara Bisnis Online di Instagram – Selain bisnis online di WA, membuat akun Instagram bisnis adalah ide yang bagus untuk memperluas pangsa pasar bisnis online anda. Karena yang kita ketahui Instagram saat ini sudah diunduh lebih dari satu miliar kali. Lalu apakah kalian tau cara bisnis online di instagram?

Dengan jumlah pengguna yang besar, promosi yang tepat tentu bisnis anda juga ikut berkembang. Hingga banyaknya pengguna Instagram semua kalangan tidak ketinggalan menjadi bagian dari pengguna media sosial populer tersebut.

Instagram dapat membantu perkembangan bisnis anda, untuk menjagkau target konsumen yang luas dan tepat, dapat meningkatkan brand awareness, serta dapat meningkatkan jumlah penjualan bisnis online anda.

Tetapi penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara bisnis online di Instagram dengan benar agar bisnis online anda juga berjalan dengan baik.

Tapi tenang bagi anda yang masih tidak mengetahui caranya, kita akan bahas tuntas mengenai cara bisnis online di Instagram. Yuk simak artikel ini dengan baik.

Apa itu Instagram Bisnis?

Instagram bisnis merupakan fitur yang disediakan Instagram untuk berbisnis dan tentu dapat mempromosikan bisnis online bagi mereka yang mempunyai usaha.

Tidak ada perbedaan yang mencolok pada akun Instagram biasa dan juga akun Instagram bisnis karena sama-sama memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menupload gambar dan video.

Hanya saja untuk akun biasa umumnya di gunakan untuk personal branding, sedangkan Instagram untuk bisnis digunakan untuk keperluan satu brand usaha.

Instagram bisnis juga merupakan layanan yang gratis tidak di pungut biaya sepersen pun untuk memulai usaha bisnis online di Instagram dan anda dapat manfaatkan untuk branding company.

Maka anda dapat memanfaatkan layanan Instagram ini dengan baik dan maksimal agar bisnis anda berjalan dengan lancar.

Cara Membuat Instagram Bisnis

Sebelum menerapkan cara membuat Instagram bisnis, pastikan terlebih dahulu Anda sudah menjadi bagian dari pengguna Instagram. Setelah itu, Anda bisa mengikuti tahapan yang dirangkum Instagram seperti di bawah ini:

  • Pergi menuju “Pengaturan” atau “Settings”
  •  Cari opsi “Akun”
  • Pilih “Beralih ke Akun Profesional”
  • Lengkapi profil

Cara Bisnis Online di Instagram Bisnis

Di bawah ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara berbisnis online di Instagram agar dapat memaksimalkan bisnis online anda, yaitu sebagai berikut:

1. Optimalkan Profil Bisnis Instagram Anda

Mengoptimalkan profil bisnis anda merupakan sebagian dari pemasaran bisnis karena profil yang menarik dan sedetail mungkin akan membuat orang mengetahui mengenai sebuah akun Instagram bisnis milik anda.

Berikut ini mengenai profil Instagram yang harus anda perhatikan:

A. Foto Profil

Dengan menambahkan foto profil seperti logo atau sebuah gambar yang mewakili bisnis anda akan membuat perusahaan anda mudah di kenali oleh banyak orang.

B. Bio yang Jelas

Anda dapat mencantumkan produk apa yang anda jual dan juga meringkas sedetail mungkin bisnis anda dalam bio Instagram, hal ini memudahkan calon konsumen memahami ketika melihat profil Instagram bisnis online anda.

C. Link/Tautan Menuju Situsmu

Anda dapat mencantumkan link pada profil Instagram anda, ini akan memudahkan calon konsumen untuk bertransaksi atau mempelajari semua produk melalui link/tautan yang anda bagikan.

2. Membuat Feed Instagram Yang Dapat Langsung Di Beli

Fitur belanja Instagram memungkinkan bisnis untuk men-tag produk yang tersedia untuk dibeli langsung dari aplikasi. Anda juga dapat membuat custom gallery untuk memamerkan produk secara tertata.

Buatlah feed kalian semenarik mungkin untuk memikat hati pelanggan agar mereka nyaman berada di profil Instagram kalian.

3. Gunakan Hastag Yang Tepat

Penggunaan hastag yang tepat dapat menjangkau pengguna Instagram yang luas, maka anda harus menguasai seni menggunakan hashtag (tagar).

Hashtag yang tepat memiliki potensial kuat untuk menempatkan akun Instagram bisnis anda di hadapan jutaan orang. Ini akan meningkatkan peluang orang yang tepat melihat postingan anda.

Gunakan hastag yang berhubungan dengan yang anda jual, pilihlah hastag yang memiliki jutaan postingan karena hastag ini tentu akan menenggelamkan postingan anda.

4. Manfaatkan Caption Pada Postingan Anda

Sebuah caption dapat membuat postingan bisnis anda bisa di pahami oleh calon konsumen, anda dapat menuliskan caption sedetail mungkin mengenai produk yang anda jual.

Caption memiliki fungsi untuk dapat memancing interaksi dengan calon konsumen lalu caption juga dapat menekankan emosi tertentu tanpa nampak terlalu berlebihan.

Di dalam caption jangan lupa menambahkan CTA atau Call to Action seperti “Ayo beli sekarang!” lalu bisa juga “Promo terbatas”

5. Promosikan Melalui Instagram Story Ads

Pada Maret 2017 telah merilis iklan melalui story Instagram untuk menawarkan bisnis anda supaya bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Iklan ini muncul di antara Instagram Stories akun yang anda ikuti dan dapat memberikan dampak besar pada calon pelanggan.

Anda dapat melihat tulisan “sponsored” kecil di sudut kiri atas dan CTA “Learn more” di bagian bawah iklan ini.

Penambahan CTA dapat membantu audiens yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut secara lebih praktis. Di Instagram Story Ads, anda bisa membuat iklan dalam bentuk video ataupun foto.

Bentuk konten manapun yang anda pilih, pastikan klip awal anda menarik perhatian. Instagram Stories telah menjadi cara terbaik bagi bisnis untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan followers.

Kelebihan Bisnis Online Melalui Instagram

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang di dapat ketika berbisnis online menggunakan Instagram, simak sampai habis.

  • Mudah di gunakan karena media social terkenal dengan pengoperasiannya yang mudah. Semua kalangan bisa menggunakannya.
  • Jangkauan pasar luas karena Instagram digunakan lebih dari 1 miliar pengguna.
  • Adanya fitur komentar pada postingan Instagram memudahkan calon konsumen untuk menambahkan feedback langsung pada postingan anda.
  • Komunikasi dengan pelanggan sangat mudah.
  • Adanya fitur insight, proses penyesuaian decision making untuk desain produk dan promosi akan lebih efisien.

Baca Juga : Cara Belajar Bisnis Online Gratis Cocok Untuk Pemula

Akhir Kata

Itulah beberapa cara bisnis online di Instagram, anda hanya perlu konsisten dalam berbisnis melalui Instagram. Dan juga perlu untuk memperhatikan mengenai tips-tips di atas agar bisnis online Instagram anda dapat berjalan dengan lancar dengan untung yang maksimal.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar