Bluestacks, Nox, dan Gameloop: Mana yang lebih baik?

admin kepo

Bluestacks, Nox

Android telah menjadi platform yang tak dapat diremehkan ketika berbicara mengenai kualitas game. Seiring berjalannya waktu, telah muncul sejumlah game Android luar biasa, tidak hanya dalam hal visual, tetapi juga dalam gameplay. Meskipun banyak yang nyaman memainkannya di ponsel mereka, emulator menjadi alternatif menarik untuk menikmati game Android di perangkat lain. Di antara emulator yang populer seperti Bluestacks, Nox, dan Gameloop, pertanyaannya adalah: mana yang terbaik?

1. Bluestacks

  • Fitur Bluestacks

Salah satu keunggulan utama Bluestacks adalah kontrol dan pemetaan keyboard yang sepenuhnya dapat disesuaikan. Bluestacks bahkan menyediakan mode keyboard bawaan untuk game tembak-menembak dan MOBA, menghilangkan kebutuhan pemetaan manual.

Fitur lainnya termasuk Multi-Instance, memungkinkan pemain bermain game yang sama di lebih dari satu akun. Bluestacks juga menawarkan perekaman dan tangkapan layar, serta dukungan untuk penggunaan GPU diskrit.

  • Performa Bluestacks

Meskipun sulit untuk menemukan emulator dengan performa sempurna, Bluestacks termasuk yang terbaik. Beberapa game awal mungkin mengalami sedikit lag, tetapi tidak mempengaruhi gameplay atau kenyamanan bermain. Waktu peluncuran game mungkin memerlukan sedikit kesabaran, tetapi begitu dimulai, Bluestacks dapat menjalankan game dengan lancar, seolah-olah dijalankan di ponsel.

2. Nox Player

  • Fitur Nox Player

Dibandingkan dengan Bluestacks, Nox Player memiliki fitur yang lebih minim. Namun, Nox menyajikan fitur Multi-Drive mereka, memungkinkan pengguna menjalankan beberapa instance sekaligus. Pemetaan keyboard pada Nox juga dapat disesuaikan.

Perbedaan mencolok adalah pengaturan profil awal yang harus dilakukan oleh pemain di Nox. Ini berbeda dengan Bluestacks yang menyediakan beberapa profil bawaan. Resolusi game di Nox terbatas pada FHD, tidak sefleksibel Bluestacks yang mendukung hingga Quad HD.

  • Performa Nox Player

Nox Player dapat dimuat dengan cepat, tetapi waktu pemuatan game cenderung lebih lama. Sayangnya, Nox terkadang mengalami lag dan stutter, terutama dalam game berat dengan grafis tinggi. Untuk game visual sederhana, Nox tetap aman dan nyaman.

3. Gameloop

  • Fitur Gameloop

Gameloop menawarkan banyak fitur untuk pemainnya. Meskipun tidak memiliki fitur multi-instance, ada fitur non-cheating yang aktif otomatis saat bermain game. Fitur umum seperti tangkapan layar, perekaman gameplay, dan pemetaan keyboard juga hadir. Meskipun resolusi maksimal hanya 720p, pengguna dapat mengaturnya manual ke 1080p.

  • Performa Gameloop

Gameloop memuat dengan cepat dan memiliki antarmuka pengguna yang intuitif. Spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menggunakan Gameloop relatif rendah. Performa secara keseluruhan lancar tanpa lag saat bermain game yang didukung oleh Gameloop. Namun, perlu dicatat bahwa game “non-Gameloop” mungkin mengalami masalah performa.

Dalam memilih emulator terbaik antara Bluestacks, Nox Player, dan Gameloop, tidak ada pilihan yang satu ukuran cocok untuk semua. Bluestacks direkomendasikan untuk sebagian besar aplikasi dan game, terutama dengan kontrol preset yang membantu pemain. Gameloop menjadi pilihan utama untuk game Tencent seperti CODM dan PUBGM. Nox Player, dengan fitur yang lebih minim, mungkin tidak menjadi pilihan terbaik.

Kesimpulan

Bluestacks, Nox Player, dan Gameloop masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Pemilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pemain. Seiring penggunaan emulator yang optimal, pastikan PC atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan game Android dengan lancar dan minim lag.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar