Cara Mengatasi Gangguan Iklan di HP Android

admin kepo

Cara Mengatasi Gangguan Iklan di HP

Munculnya iklan tiba-tiba di HP Android seringkali mengganggu. Selain itu, iklan juga dapat membawa potensi risiko, seperti penyebaran virus atau malware yang dapat merugikan keamanan data di perangkat Anda. Aplikasi yang menampilkan iklan cenderung mengunduh materi iklan dari berbagai sumber, meningkatkan kerentanan keamanan smartphone Anda.

Iklan di HP Android juga dapat memikat pengguna untuk mengunduh aplikasi APK dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Aplikasi dengan rating rendah di Play Store seringkali mengandung virus dan malware, yang dapat membahayakan keamanan perangkat Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan iklan di HP Android.

Baca juga: Cara Mengatasi Ghost Touch pada HP: Penyebab dan Solusinya

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah iklan di HP Android:

1. Bayar Aplikasi atau Berlangganan

Banyak aplikasi Android menampilkan iklan sebagai sumber pendapatan. Langkah paling umum yang diambil oleh pengembang adalah menawarkan opsi berlangganan atau membayar untuk menghilangkan iklan. Dengan skema berlangganan, pengguna dapat menikmati penggunaan aplikasi tanpa iklan, sementara pengembang tetap mendapat pendapatan stabil.

2. Matikan Jaringan Seluler atau WiFi

Mematikan jaringan seluler atau WiFi dapat menjadi cara efektif untuk menghentikan iklan, terutama pada aplikasi atau game yang dapat diakses secara offline. Dengan mematikan koneksi internet, aplikasi tidak dapat mengunduh materi iklan, dan ini juga dapat melindungi perangkat dari potensi virus atau malware.

3. Pengaturan Keamanan

Untuk mencegah instalasi aplikasi dari sumber yang tidak diketahui, Anda dapat mengakses menu keamanan di pengaturan perangkat. Melalui menu Security dan Privacy, nonaktifkan opsi instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal (Unknown Source) untuk melindungi perangkat dari aplikasi berbahaya.

4. Menghapus Iklan di HP Xiaomi

Pengguna HP Xiaomi seringkali menghadapi iklan di aplikasi bawaan. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mematikan opsi Personalized ad recommendations dan Receive recommendations melalui menu Privacy di pengaturan perangkat.

5. Blokir Aplikasi di Browser Chrome

Pada browser Chrome, Anda dapat mencegah munculnya iklan pop-up dan mengurangi risiko malware dengan mengatur opsi Pop-ups and redirects dan Ads di pengaturan Site Settings. Ini membantu membersihkan pengalaman browsing Anda dari iklan yang tidak diinginkan.

baca juga: Cara Menggunakan NFC di Android untuk Isi Saldo E-Money

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan gangguan iklan di HP Android Anda, sekaligus meningkatkan keamanan perangkat dari potensi risiko lain.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar