Cara Mengembalikan Riwayat Google Chrome yang Terhapus di Android

admin kepo

Cara Mengembalikan Riwayat Google Chrome yang Terhapus

Cara Mengembalikan Riwayat Google Chrome yang Terhapus-Google Chrome menjadi salah satu browser paling populer, tetapi terkadang kita dapat kehilangan riwayat penelusuran secara tidak sengaja. Untungnya, fitur sinkronisasi Google Chrome dapat menjadi solusi cepat untuk mengembalikan data yang hilang. Artikel ini akan membahas langkah-langkah menggunakan fitur sinkronisasi, serta alternatif lain seperti aplikasi pihak ketiga dan pemulihan dari cadangan, agar Anda dapat dengan mudah mengatasi kehilangan riwayat penelusuran di perangkat Android.

Menggunakan Fitur Sinkronisasi Google Chrome

Salah satu cara tercepat untuk mengembalikan riwayat Google Chrome yang terhapus di Android adalah dengan menggunakan fitur sinkronisasi Google Chrome. Fitur ini memungkinkan Anda menyinkronkan data, termasuk riwayat, bookmark, kata sandi, dan pengaturan lainnya, antara perangkat yang menggunakan akun Google yang sama.

Berikut langkah-langkahnya:

Masuk ke Akun Google Anda

Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google Anda di perangkat Android. Jika belum, buka aplikasi Google Chrome, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar, pilih “Pengaturan,” kemudian klik “Masuk ke Chrome” dan ikuti petunjuk untuk masuk menggunakan akun Google Anda.

Aktifkan Fitur Sinkronisasi

Kembali ke menu “Pengaturan,” lalu klik “Sinkronisasi dan Layanan Google.” Pastikan opsi “Sinkronkan data Chrome Anda” sudah diaktifkan. Jika tidak, aktifkan opsi tersebut dan pilih data yang ingin Anda sinkronkan, termasuk riwayat.

Periksa Riwayat Browsing yang Tersinkron

Setelah mengaktifkan sinkronisasi, riwayat browsing yang tersimpan di akun Google Anda akan muncul di Google Chrome pada perangkat Android Anda. Untuk memeriksa riwayat tersebut, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar, lalu pilih “Riwayat.”

Mengembalikan Riwayat yang Belum Tersinkron

Jika riwayat yang ingin Anda kembalikan belum tersinkron, Anda bisa mencoba metode lain seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memulihkan data dari cadangan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat membantu Anda mengembalikan riwayat Google Chrome yang terhapus di Android. Aplikasi pemulihan data Android dirancang khusus untuk memulihkan data yang hilang, termasuk riwayat penelusuran.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan Pasang Aplikasi Pemulihan Data Cari dan unduh aplikasi pemulihan data yang sesuai dari Google Play Store. Instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda dan ikuti petunjuk untuk mengonfigurasi dan menggunakan aplikasi.
  2. Mulai Pemulihan Data Jalankan aplikasi pemulihan data, pilih opsi untuk memulihkan data yang hilang, termasuk riwayat penelusuran. Ikuti petunjuk aplikasi untuk memulai proses pemulihan data.
  3. Tunggu Proses Pemulihan Selesai Proses pemulihan dapat memakan waktu, tergantung pada jumlah data yang ingin Anda pulihkan. Pastikan perangkat Android Anda memiliki daya yang cukup dan biarkan proses pemulihan berjalan sampai selesai.
  4. Periksa Data yang Telah Dipulihkan Setelah proses selesai, aplikasi akan menampilkan daftar data yang berhasil dipulihkan, termasuk riwayat penelusuran. Periksa data tersebut dan pastikan riwayat yang ingin Anda kembalikan ada dalam daftar.
  5. Kembalikan Riwayat Penelusuran ke Google Chrome Jika riwayat penelusuran berhasil dipulihkan, Anda mungkin perlu mengimpor data tersebut ke Google Chrome secara manual. Ikuti petunjuk aplikasi pemulihan data untuk mengimpor riwayat penelusuran yang telah dipulihkan ke Google Chrome di perangkat Android Anda.

Baca juga: Cara Broadcast di WA Bisnis untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda

Memulihkan Data dari Cadangan

Jika Anda memiliki cadangan data perangkat Android Anda, Anda dapat mencoba mengembalikan riwayat Google Chrome yang terhapus dengan memulihkan data dari cadangan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hubungkan Perangkat Android ke Komputer

Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer yang digunakan untuk membuat cadangan. Gunakan kabel USB yang sesuai.

  • Jalankan Aplikasi Pemulihan Cadangan

Setelah terhubung, jalankan aplikasi pemulihan cadangan yang digunakan untuk membuat cadangan data perangkat Anda. Ini bisa berupa perangkat lunak pihak ketiga atau alat bawaan dari produsen perangkat Anda.

  • Pilih Data yang Ingin Dipulihkan

Dalam aplikasi pemulihan cadangan, pilih data yang ingin Anda pulihkan, termasuk riwayat Google Chrome. Pastikan Anda hanya memilih data yang diperlukan untuk menghindari pemulihan data yang tidak diinginkan.

  • Mulai Proses Pemulihan Data

Setelah memilih data, klik tombol “Mulai” untuk memulai proses pemulihan data dari cadangan. Proses ini bisa memakan waktu tergantung pada jumlah data yang ingin Anda pulihkan.

  • Tunggu Proses Pemulihan Selesai

Biarkan proses pemulihan berjalan sampai selesai tanpa mengganggu. Pastikan perangkat Android tetap terhubung ke komputer.

  • Periksa Data yang Telah Dipulihkan

Setelah proses selesai, periksa perangkat Android Anda untuk memastikan riwayat Google Chrome telah berhasil dipulihkan. Jika perlu, ikuti petunjuk aplikasi untuk mengimpor data yang telah dipulihkan ke Google Chrome secara manual.

Baca juga: Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Tiktok Shop

Mencari Bantuan dari Ahli

Terakhir, jika semua metode di atas tidak berhasil mengembalikan riwayat Google Chrome yang terhapus di Android, Anda dapat mencari bantuan dari ahli pemulihan data profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk memulihkan data yang hilang, termasuk riwayat penelusuran. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan layanan ahli pemulihan data bisa mahal.

Kesimpulan:

Mengembalikan riwayat Google Chrome yang terhapus di Android mungkin tampak sulit, tetapi dengan mencoba beberapa metode di atas, Anda memiliki peluang lebih baik untuk memulihkan riwayat penelusuran yang hilang. Mulailah dengan menggunakan fitur sinkronisasi Google Chrome, lalu pertimbangkan aplikasi pihak ketiga atau pemulihan dari cadangan sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah riwayat penelusuran yang hilang. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Also Read

Bagikan:

Tinggalkan komentar