Ketahui Masalah Bisnis Online Shop

admin kepo

masalah bisnis online shop
masalah bisnis online shop

KepoBareng – Masalah Bisnis Online Shop, Bisnis online memang terlihat sangat mudah untuk di jalankan karena hanya mengandalkan smartphone dan juga jaringan internet.

Tapi ternyata bisnis online yang terlihat mudah masih memiliki banyak masalah yang perlu di hadapi.

Namun seberapa besar masalah tersebut kamu harus siap untuk menghadapi dan menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai masalah bisnis online shop. Perhatikan dengan teliti ya!

Masalah-Masalah Yang Sering Dihadapi Bisnis Online Shop

Berikut adalah beberapa masalah-masalah bisnis online shop yang sering di hadapi pebisnis online shop:

1. Persaingan Dengan Kompetitor

Bisnis online yang sekarang ini semakin berkembang serta untuk menjalankannya di kenal dengan kemudahan yang di berikan membuat persaingan dalam dunia bisnis online ini menjadi semakin besar.

Inilah yang menjadi tantangan bagi pebisnis untuk tetap bertahan. Sebagai pebisnis di wajibkan untuk memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Ketika kamu menjual produk ternyata sudah banyak sekali kompetitor menjual produk yang sama maka kamu harus menciptakan produk yang memiliki keunggulan ataupun kamu dapat menginovaskan produk kamu untuk lebih menarik perhatian konsumen.

Serta kamu dapat bersaing dengan harga yang di tawarkan kompetitor, kamu dapat menghitung harga yang tepat untuk produk kamu.

Tetapi perlu di perhatikan untuk menghitung dengan benar agar kamu tidak mengalami kerugian.

2. Sepi Konsumen

Dalam menghadapi dunia bisnis yang sepi konsumen memang sebuah tantangan yang umum.

Tidak perlu patah semangat karena ini bisa menyebabkan penjualan kamu semakin menurun.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari tahu mengapa bisnis online kamu penjualannya semakin sepi konsumen. Dan setelah itu kamu wajib untuk mencari solusinya agar bisnis kamu dapat bertahan.

Biasanya sepi konsumen dapat di sebabkan oleh beberapa hal yaitu dapat terjadi karena perubahan tren pasar yang membuat konsumen beralih pada hal-hal yang baru.

Pembisnis yang tidak bisa menghadapi perubahan tren pasar, persaingan kompetitor yang semakin besar seperti pada penjelasan di atas, sepi konsumen karena masalah internal, serta promosi yang kurang maksimal.

3. Penipuan Dalam Bisnis Online

Meski saat ini sistem keamanan online sudah semakin canggih, penipuan dalam bisnis online masih banyak di jumpai.

Penipuan masih bisa terjadi akibat kurangnya kehati-hatian dalam berbisnis online, baik dari pihak pembeli maupun penjual.

Semakin banyaknya penipuan dalam bisnis online, sedikit banyak dapat menurunkan tingkat kepercayaan konsumen dalam transaksi online.

Lalu ini akan memberikan dampak tidak langsung kepada bisnis kamu. Jadi, yakinkan bahwa bisnis online kamu aman dan terpercaya.

4. Keuangan Membengkak

Keuangan dapat memicu adanya masalah dalam bisnis online. Keuangan yang membengkak merupakan keuangan yang di perkirakan lebih dari yang sudah di rencanakan sebelumnya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keuangan membengkak yaitu pemasukan yang sedikit, membeli barang yang tidak di perlukan, tidak memiliki budgeting yang teratur, dan tidak membiasakan belanja mingguan maupun bulanan.

Aktivitas yang tidak hemat yang tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan perusahaan dan masih banyak lagi penyebabnya.

Memang seharusnya dalam hal berbisnis perlu mengelola keuangan dengan teliti agar bisa mengelola keuangan dengan baik dan tidak terjadinya keuangan membengkak.

5. Konsumen Yang Rumit

Dalam menjalankan bisnis online, tentu berhadapan langsung dengan konsumen secara online maupun offline.

Dengan sifat yang berbeda-beda tentu kamu akan menjumpai berbagai tipe konsumen. Kamu mungkin akan menjumpai konsumen yang rumit, terlalu banyak bertanya, emosional, dan sebagainya.

Untuk menyelesaikan masalah ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menghadapi konsumen tersebut.

Kalian bisa mulai dengan professional tidak mengedepankan emosi, berusaha untuk selalu tenang, jangan mudah untuk tersinggung, berfikir jernih dengan mempertimbangkan tentang segala sesuatu yang di percaya kebenarannya.

Lalu kamu dapat memecahkan masalahnya dan menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

6. Sulit Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Dalam pasar online, mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi hal yang tidak mudah. Karena lebih baik mempertahankan loyalitas pelanggan dari pada mencari pelanggan yang baru.

Memang keduanya penting tetapi mencari pelanggan baru membutuhkan biaya iklan dan promosi yang tidak mudah.

Mempertahankan loyalitas pelanggan tidak mudah karena mengingat sebagian besar konsumen Indonesia mencari barang dengan harga yang relatif murah dan kualitas yang baik.

Hal ini yang membuat mereka mencari dan membandingkan antara produk dari satu penjual dengan penjual yang lainnya.

Ada beberapa cara untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan sebagai berikut memberikan reward berupa voucher diskon, bonus maupun kupon kepada konsumen, layani dengan cepat tanggap dan ramah, follow up setelah pembelian, dengarkan keluhan konsumen dan lain-lain.

Baca Juga : Inilah Tips Membangun Tim Bisnis Online

7. Web Hosting Yang Bermasalah

Hosting merupakan sebuah website yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan aksesbilitas website.

Namun, masalah hosting sering terjadi dan dapat menyebabkan website tidak dapat di akses oleh pengunjung.

Memang dalam penjualan melalui internet tentu membutuhkan pemilihan web hosting yang tepat agar tidak terjadi permasalahan seperti server down, error, transaksi gagal, atau freeze selama beberapa menit.

Hal ini dapat membuat konsumen tidak mau berkunjung dan membeli ke toko kamu lagi dan ini merupakan masalah umum dalam bisnis online.

8. Kelalaian

Dalam berjualan, apabila penjual tidak teliti dalam melayani konsumennya bisa saja lalai dalam memenuhi pesanan.

Penjual bisa saja salah dalam memenuhi pesanan konsumen, seperti salah ukuran, jumlah barang yang di pesan tidak sesuai, salah barang, dan lain-lainnya.

Kelalaian ini tentunya bisa membuat kamu sebagai penjual rugi, atau bahkan konsumen tidak mau repeat order lagi.

Maka untuk para penjual agar lebih teliti lagi untuk memenuhi pesanan konsumennya dan apabila terdapat kesalahan yang murni yang salah penjualnya maka wajib untuk mengganti pesanannya.

9. Banjir Pesanan

Ketika bisnis online kamu sudah mengalami perkembangan, tidak menutup kemungkinan kalau pesanan dari konsumen yang masuk jumlahnya akan semakin banyak juga.

Maka sebagai penjual penting untuk teliti dan di harapkan dapat mengatasi semua pesanan tersebut, agar tidak berdampak kepada performa toko dan reputasi toko kamu.

Untuk menjalankan sebuah bisnis jika bisnis kamu mengalami perkembangan yang baik kamu perlu adanya partner agar kamu tidak kewalahan dalam melayani konsumen.

Akhir Kata

Itulah masalah bisnis online shop yang mungkin akan di hadapi pebisnis dalam menjalankan suatu bisnis online. Melihat keuntungan dan kemudahan yang di dapat dalam berbisnis online maka kamu juga harus siap menanggung masalah-masaah dari bisnis online tersebut dan dapat mengatasi dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar