Power Supply pada Komputer – Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja

admin kepo

Power Supply pada Komputer

Power supply, yang seringkali diabaikan, sebenarnya merupakan salah satu komponen kritis dalam dunia komputer. Menurut e-book Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Sumarno, power supply adalah perangkat keras yang menyediakan tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan. Priyo Jatmiko dalam buku Pengenalan Komponen Industri juga menyebutkan bahwa power supply adalah alat yang menyuplai tegangan listrik secara langsung dari sumbernya.

Namun, pertanyaannya adalah, mengapa power supply begitu penting? Fungsinya sangat mendasar, yaitu menyediakan tenaga atau tegangan listrik yang diperlukan oleh setiap komponen dalam komputer. Dari hardisk hingga motherboard, semuanya terhubung dan mendapat pasokan daya dari power supply.

Fungsi Power Supply pada Komputer

Fungsi utama power supply pada komputer adalah sebagai hardware yang memberikan atau menyuplai arus listrik. Ini bukan sekadar penyedia daya, tetapi juga mengubah arus listrik berlawanan menjadi arus listrik searah yang dibutuhkan oleh perangkat keras komputer.

Power supply komputer memiliki beberapa konektor kabel, masing-masing dengan fungsi yang spesifik. Arus listrik yang dibagikan oleh power supply mencakup semua komponen penting seperti hardisk, motherboard, CD-ROM, floppy, kipas, dan lainnya. Besaran tegangan yang dihasilkan bisa bervariasi, mulai dari 5 volt hingga 12 volt, sesuai dengan kebutuhan masing-masing komponen.

Jenis-Jenis Power Supply

1. Power Supply AT

Power supply AT, meskipun sudah jarang ditemui, memiliki sejarah panjang dalam dunia komputasi. Pada masa kejayaannya, power supply ini banyak digunakan pada komputer dengan prosesor pentium II dan pentium III. Kelebihannya terletak pada konektor P8 dan P9 yang terhubung ke motherboard.

2. Power Supply ATX

Jenis power supply ini, yang lebih umum digunakan, memiliki tampilan yang lebih sederhana dibandingkan dengan AT. Power supply ATX memiliki konektor motherboard dengan 20 PIN, membuat pemasangannya lebih mudah. Keunggulan lainnya adalah adanya tombol power yang dilengkapi dengan fitur auto shutdown, memudahkan pengguna dalam mematikan komputer.

3. Regulated Power Supply

Regulated power supply adalah jenis power supply yang menjaga kestabilan tegangan dan arus listrik. Ini sangat berguna untuk menjaga keandalan sistem, terutama saat terjadi perubahan beban pada sumber listrik.

4. Unregulated Power Supply

Sebaliknya, unregulated power supply tidak menjaga kestabilan tegangan, sehingga arus listriknya dapat berubah saat terjadi perubahan pada sumber listrik. Meski kurang umum, jenis ini memiliki kegunaan tertentu tergantung pada kebutuhan.

5. Adjustable Power Supply

Power supply yang dapat diatur, atau adjustable power supply, memungkinkan pengguna untuk mengatur arus atau tegangan listrik sesuai kebutuhan. Penyesuaian ini dapat dilakukan dengan menggunakan knob mekanik, memberikan fleksibilitas yang diperlukan.

Cara Kerja Power Supply

Cara kerja power supply dimulai dengan menekan tombol power pada casing komputer. Setelahnya, power supply melakukan serangkaian tes untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Jika tes berhasil, power supply akan mengirim sinyal power good ke motherboard, memungkinkan komputer untuk memulai operasionalnya.

Apa Yang Terjadi Jika Power Supply Tidak Berfungsi?

Jika power supply dapat Berfungsi Akan mengakibatkan komputer tidak dapat menyala. Tanpa daya listrik yang cukup, semua komponen dalam komputer akan mati, membuatnya tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kinerja power supply sangat penting untuk memastikan operasional yang lancar dan stabil.

Kesimpulan

Dalam dunia komputer, power supply bukan hanya sekadar komponen pendukung. Ia adalah elemen kunci yang menjamin setiap perangkat keras menerima daya listrik yang dibutuhkan. Dengan pemahaman mendalam tentang pengertian, fungsi, jenis, dan cara kerja power supply, kita dapat mengapresiasi peran krusialnya dalam memastikan performa optimal komputer.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar