Wajib Kamu Ketahui! Cara Membaca Manga di Telegram

Manga dalam bahasa jepang yang berarti komik adalah sebuah serial sketsa gambaran kartun yang biasanya akan di jadikan animasi 2D atau 3D oleh pihak studio. Komik sendiri akhir-akhir ini sangat terkenal khususnya untuk negara Jepang dan Korea Selatan. Dari Jepang yang kita sebut sebagai Manga tetapi beda dari Korea Selatan yaitu Manhwa. Lalu apakah kalian tahu Cara Membaca Manga di Telegram?

Baca Juga: Inilah Game Unik di Jepang Yang Wajib Kalian Ketahui!

Terkadang kita malas membaca manga di website di karenakan oleh iklan yang terus muncul di setiap kliknya. Berbeda ketika kita membacanya di Telegram dikarenakan telegram sendiri tidak ada iklan serta kita bisa juga mendownload manga tersebut.

Oleh karena itu kali ini kepobareng akan membagikan cara membaca manga di telegram. Tentu saja manga tersebut telah di terjemahkan ke bahasa Indonesia jadi sama persis dengan di website. Sebelum kita masuk ke caranya penting untuk kalian mengetahui channel apa saja yang menyediakan komik,manga,manhwa.

Berikut Beberapa Channel Manga Di Telegram Bahasa Indonesia

Manga Manhwa Manhua Comics

Cara Membaca Manga di Telegram

Channel ini adalah Channel yang menyediakan manga dan di khususkan untuk manhwa dari Korea Selatan. Perberaan dari manga dan manhwa adalah biasanya untuk manga sendiri tidak bewarna dan manhwa kebanyakan bewarna. Bagi kalian yang suka membaca manhwa bisa menjadikan ini sebagai channel favorit kalian.

Channel yang beranggotakan 51 ribu pelanggan ini menyediakan manhwa terupdate setiap minggunya. Kalian bisa membacanya dan mengunduhnya dalam format pdf.

Manga One Piece Indonesia

Cara Membaca Manga di Telegram

Siapa sih yang ngga tau One Piece? Anime yang paling tua dan belum tamat akhir-akhir ini sering menjadi sorotan karena episodenya yang semakin menarik. Bagi kalian yang tidak ingin ketinggalan perjalanan kru topi jerami pastinya senantiasa membaca manga nya juga.

Di Channel ini terdapat 28 ribu anggota pelanggan. Channel ini menyediakan manga one piece bahasa indonesia yang berbentuk pdf, kalian bisa membacanya tanpa khawatir akan di ganggu oleh iklan.

Manga Tokyo Revengers Sub Indo

Cara Membaca Manga di Telegram

Anime yang berjudul Tokyo Revengers ini sangatlah familiar di kalangan anak muda. Anime ini terbilang masih cukup muda, Menurut admin sendirilebih menarik membaca manga nya daripada melihat animenya di karenakan grafiknya yang masih kaku.

Channel ini beranggotakan 85 ribu pelanggan, di sini menyediakan Manga Tokyo Revengers Bahasa Indonesia yang berbentuk file pdf. Kalian bisa membaca nya dan mengunduh nya.

Manga Black Clover Sub Indo

Cara Membaca Manga di Telegram

Di dalam channel ini menyediakan manga dari Black Clover. Kisah dimana 2 orang anak yang menjadi rival Mc nya sendiri bernama Asta dan Yuno. Mereka berlomba untuk menjadi kaisar sihir. Banyak keseruan yang terdapat dari Anime ini, kalian bisa coba membaca nya.

Beranggotakan 8 ribu pelanggan, channel ini mengupdate setiap minggunya manga black clover terbaru. Seperti channel lainnya kalian bisa membaca dan mengunduh manga di sini.

Webtoon Bot

Cara Membaca Manga di Telegram

Bagi kalian yang ingin membaca webtoon tetapi malas mendownload aplikasinya, jangan khawatir karena ada bot yang menyediakan komik webtoon. @webtoon_channelbot yang bisa kamu cari melalui telegram. Ini merupakan channel resmi dari webtoon itu sendiri. Jika sebelumnya kamu sudah tau aplikasi membaca komik bernama Webtoon, maka kamu akan mengerti cara menggunakan webtoon untuk baca komik.

Itulah beberapa channel yang bisa kalian ketahui, channel di atas tadi bisa kalian jadikan referensi dan membaca manga favorit kesukaan kalian. Berikut adalah Cara Membaca Manga Di Telegram.

Cara Membaca Manga di Telegram

Setelah kalian mengetahui beberapa channel telegram tadi, selanjutnya adalah cara membaca nya di telegram. Pastikan kalian simak sampai habis agar paham.

  • Pertama kalian harus install aplikasi Telegram di Playstore atau Appstore kalian
  • Kemudian buka aplikasi tersebut, jika kalian belum memiliki akun kalian akan di mintai untuk mendaftar menggunakan nomor hp.
  • Lalu jika sudah tampilan akan mengarahkan ke beranda telegram, kalian bisa ketikkan channel manga yang ingin kalian baca pada kotak pencarian. Misalnya Manga One Piece Bahasa Indonesia
  • Jika channel sudah muncul tinggal kalian pilih dan klik bergabung. Pilihlah dan cari manga yang ingin kalian baca. Selesai

Cara Download Manga di Telegram

Jika kalian ingin mendowload manga kesukaan kalian, bisa kalian coba pilih manga nya terlebih dahulu. Selanjutnya kalian bisa pencet titik tiga di pojok kanan atas, kemudian akan muncul beberapa pilihan tinggal kalian pilih Simpan ke Unduhan.

Jika prosesnya sudah selesai kalian bisa membukanya. Perlu di ketahui jika beberapa handphone tidak support untuk membuka file pdf jadi kalian akan membutuhkan aplikasi tambahan seperti WPS Office untuk membuka file download tadi.

Baca Juga: Cara Mengatur Jam Tangan LED Watch 2 Tombol

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai cara baca manga di telegram sekaligus menyimpannya. Telegram memang memiliki banyak fitur yang membantu dalam mencari segala kebutuhan, seperti membaca manga yang tidak menampilkan iklan yang mengganggu para pembaca. Semoga artikel kami bermanfaat bagi kalian semua.

Tinggalkan komentar